Politik

Simakrama Presiden Jokowi Diguyur Hujan, Bali Diharapkan Perkuat NKRI

Simakrama Presiden Jokowi Diguyur Hujan, Bali Diharapkan Perkuat Nkri

Denpasar, 23/3 (Atnews) - Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertatap muka dan beramah tamah dengan krama serta tokoh masyarakat Bali di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (22/3).
Hujan yang mengguyur seputaran Ardha Candra tidak menyurutkan antusiasme Krama Bali yang ingin bertatap muka dengan Presiden Joko Widodo.
Jokowi yang didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja mengutarakan rasa bahagianya karena bisa hadir di tengah-tengah tokoh masyarakat seperti sulinggih, pemangku, bendesa adat, perbekel, pekaseh dan sekaa teruna. 
Menurutnya mereka adalah penjaga terdepan dan pembela terkuat adat serta budaya Bali. 
“Mereka tak pernah lelah untuk menjaga NKRI dan Pancasila,” tandasnya sembari mengingatkan agar seluruh Krama Bali tetap menjaga persatuan, merawat persaudaraan dan kerukunan. 
Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga memanggil dua peserta tatap muka naik ke atas panggung untuk berdialog tentang upaya pelestarian budaya. 
Bendesa Adat Selemadeg Barat Nyoman Geriyasa memanfaatkan kesempatan berdialog dengan Jokowi untuk menyampaikan harapan agar pemerintah lebih memberi perhatian kepada Desa Adat, khususnya alokasi anggaran.
Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi berkunjung dan bertatap muka dengan Krama Bali. Menurutnya, arahan dan wejangan Jokowi akan menjadi tuntunan bagi masyarakat Bali dalam melaksanakan pembangunan berlandaskan Tri Hita Karana yang didasari konsep Sad Kertih yaitu Atma Kertih, Danu Kertih, Wana Kertih, Segara Kertih, Jana Kertih dan Jagat Kertih. (ART/R/ika)
.
Baca Juga :
Get in Touch