Pendidikan

Weda Memperkuat Konsep Pembangunan Bali 

Weda Memperkuat Konsep Pembangunan Baliâ 

Denpasar (Atnews) - Gubernur Bali Wayan Koster berharap ajaran Weda menjadi basis untuk memperkuat konsep pembangunan yang berlandaskan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali  kata dia saat membuka Konferensi Internasional bertema ‘Enlivening Vedic Bali’ di Gedung Wiswa Sabha, Kantor Gubernur Bali, Jumat (15/2)
Gubernur Koster menyambut baik diselenggarakannya konferensi internasional yang membahas tentang Weda di Bali. Ia berharap konferensi ini menambah pengetahuan para peserta konferensi.
“Saya yakin Weda itu nilai-nilainya akan menjadi basis yang bisa memperkuat konsep pembangunan Bali," ujarnya sambil menambahkan, pengetahuan yang diperoleh dalam konferensi ini tetap implementatif dan sesuai kearifan lokal Bali. 
Gubernur Koster menyampaikan bahwa Bali memiliki akar kebudayaan yang hebat. Sumber daya manusia Bali juga unggul sehingga dimanapun bisa berkiprah. 
Ia yang juga Ketua PDIP Provinsi Bali ini mengatakan konsep Sad Kertih adalah salah satu bentuk implementasi dari kearifan lokal untuk melindungi alam Bali secara sekala dan niskala. Oleh karena itu pembangunan harus memperhatikan keseimbangan alam. Itu sebabnya Gubernur akan menjaga kebersihan air, tanah dan udara dengan menerapkan program ramah lingkungan seperti pertanian organik, penggunaan kendaraan listrik dan program lainnya. 
Konferensi Internasional Enlivening Vedic Bali yang digelar Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar dan Maharishi University of Management Amerika Serikat menghadirkan beberapa akademisi dan praktisi Weda internasional.(*/ika)
.
Baca Juga :
Get in Touch